Monday, May 20, 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) No. 1

Sekolah              : SLB NEGERI SEMARANG
Jenjang              : SMALB
Mata Pelajaran   : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester  : X (SEPULUH) /2 ( Genap)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit

Standar Kompetensi
MENDENGARKAN/ MENYIMAK
5. Memahami inforamsi dan cerita rakyat melalui Tuturan

Kompetensi Dasar
5.1. Menyimpulkan isi Indformasi yang disampaikan melalui tuturan langsung

Indikator
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg tempat kelahiran tokoh
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban mengapa tokoh tertarik menjadi guru SLB
-   Menuliskan 1(satu) jawaban ttg tempat pertama kali Pak agus mengajar
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg cara pak Agus mencari murid
-   Menuliskan 1(satu) jawaban ttg siapa yg membantu pak Agus mendirikan SLB PGRI B/C Sumberpucung
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg berapa penghasilan pak Agus sebagai guru SLB PGRI B/C sumberpucung
-   Menuliskan 1 (satu) tanggapan terhadap informasi yg diceritakan Pak Agus.

I. Tujuan Pembelajaran
                Setelah memperhatikan penjelasan dari guru :
-       Siswa dapat Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg tempat kelahiran tokoh sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.
-       Siswa dapat Menuliskan 1 (satu) jawaban mengapa tokoh tertarik menjadi guru SLB sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.
-       Menuliskan 1(satu) jawaban ttg tempat pertama kali Pak agus mengajar sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.
-       Siswa dapat Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg cara pak Agus mencari murid sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.
-       Siswa dapat Menuliskan 1(satu) jawaban ttg siapa yg membantu pak Agus mendirikan SLB PGRI B/C Sumberpucung sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.
-       Siswa dapat Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg berapa penghasilan pak Agus sebagai guru SLB PGRI B/C sumberpucung sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.
-       Siswa dapat Menuliskan 1 (satu) tanggapan terhadap informasi yg diceritakan Pak Agus sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa.

II. Materi Ajar
(terlampir yaitu fotocopy materi hal 39-43 buku ajar bhs Indonesia kls X)
III. Metode
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Demontrasi
·         penugasan


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
                A. Pra KBM (5 menit)
·         Guru masuk kelas, memberi salam dan doa
·         Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti pelajaran
B. Kegiatan Awal (10 menit)
·         Apersepsi : guru bertanya apakah tahukah kamu bagaimana rasanya menjadi guru SLB?
·         Guru membagikan bahan ajar tentang cerita Pak Agus Anis Riyanto
·         (Motivasi : setelah pembelajaran siswa dapat memiliki sikap rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa).
C. Kegiatan Inti (40 menit)
1.        Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang perjalanan hidup Pak Agus Anis Riyanto menjadi Guru SLB
2.        Guru dan siswa bertanya jawab ttg isi cerita
3.        Guru menjelaskan pengertian Tuturan langsung dan tuturan tidak langsung
4.        Siswa mengerjakan tugas yang berhubungan dengan materi
D. Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru membuat kesimpulan bersama tentang materi
·         Guru memberikan penguatan tentang sikap rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa





V. Alat dan Sumber Belajar

-       “Bahasa Indonesia untuk SMALB kelas X”, Hal 39-43, Ditrasindo Persada, Surakarta
-       LKS
-       Materi /Script dari guru
VI. Nilai-nilai Karakter dan Budaya Bangsa 
-       Rasa ingin tahu
-       Komunikasi
-       Kerja keras
-       Sikap kritis
VII. Penilaian
A. Prosedur Tes
·         Tes awal                                          : ada dalam apersepsi (lisan)
·         Tes akhir                                         : ada dalam kegiatan akhir (tertulis)
B. Jenis tes
·         Tertulis
C. Bentuk tes
·         uraian terbatas/ LKS
D. Alat tes
·         Soal-soal tes


INDIKATOR

TES


BENTUK

PERTANYAAN

JAWABAN

SKOR
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg tempat kelahiran tokoh
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban mengapa tokoh tertarik menjadi guru SLB
-   Menuliskan 1(satu) jawaban ttg tempat pertama kali Pak agus mengajar
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg cara pak Agus mencari murid
-   Menuliskan 1(satu) jawaban ttg siapa yg membantu pak Agus mendirikan SLB PGRI B/C Sumberpucung
-   Menuliskan 1 (satu) jawaban ttg berapa penghasilan pak Agus sebagai guru SLB PGRI B/C sumberpucung
-    Menuliskan 1 (satu) tanggapan terhadap informasi yg diceritakan Pak Agus.
Pertemuan 1 :

-   Lembar kegiatan siswa scr tertulis



Pertemuan 1 :

uraian terbatas
latihan hal 43


-   Dimana tempat kelahiran Agus Anis Riyanto ?
-   Apa yang membuatnya tertarik untuk menjadi guru SLB?
-   Dimana dia pertama kali menjadi guru SLB ?
-   Bagaimana cara dia mencari murid SLB ?
-   Siapa yang membantunya mendirikan SLB PGRI B/C Sumber Pucung?
-   Bagaimana Penghasilan dia sebagai guru SLB PGRI B/C Sumber pucung?
-   Berikan tanggapan terhadap informasi tersebut !
-       Sragen Jawa Tengah
-       Karena rumahnya dekat dg SLB dan dia melihat masyarakat memberikan perlakuan berbeda pada anak-anak cacat.
-       Di SLB Marsudi Utomo, Kesamben ,Blitar
-       Dengan mensosialisasikan maksud mendirikan SLB dari rumah ke rumah
-       PGRI Kab. Malang
-       Sebulan mendapat Rp. 50.000,-
-       (anak-anak memberikan tanggapan thd isi informasi)
10

10







10



10




10


10

40





TOTAL SKOR
100
Nilai karakter dan budaya bangsa :
BT = belum terlihat
MT= mulai terlihat
MB= mulai berkembang
MK= membudaya/konsisten









LEMBAR PENILAIAN SISWA
No
Nama Siswa
Jumlah Skor
Nilai
Karakter
Dan budaya bangsa


1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





Mengetahui,                                                                             Semarang, 14 Januari 2013
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran


Drs. Ciptono                                                                                         Fanie Dipa Pawakaningsih, M.Pd.
Nip. 19631111 198903 1 007                                                            Nip. 19700803 200801 2 013