Monday, May 27, 2013


RPP SMALB SLB NEGERI SEMARANG:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) No. 3

Sekolah                                : SLB NEGERI SEMARANG
Jenjang                                : SMALB
Mata Pelajaran  : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas/Semester : X (SEPULUH) /2
Alokasi Waktu   :  2 x 35 menit

Standar Kompetensi
6. memahami bentuk-bentuk hubungan antar kelompok sosial

Kompetensi Dasar
6.1. mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

Indikator
-    Menuliskan pengertian pranata sosial
-    Menuliskan fungsi utama pranata sosial
-    Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan.

I. Tujuan Pembelajaran
                Setelah memperhatikan penjelasan dari guru :
-    Siswa dapat Menuliskan pengertian pranata sosial sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab siswa pada penyimpangan  dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia
-    Siswa dapat Menuliskan fungsi utama pranata sosial sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab siswa pada penyimpangan  dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia
-    Siswa dapat Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan. sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab siswa pada penyimpangan  dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia

II. Materi Ajar
“Pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat”
·         Pengertian Pranata sosial :
Sistem norma yang mengatur semua tindakan atau perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hidup bersama masyarakat.

·         Pengertian Norma:
Sejumlah aturan sosial yang dijadikan patokan/pedoman prilaku dan merupakan kesepakatan oleh semua anggota masyarakat bertujuan mengatur kehidupan bermasyarakat.

·         Fungsi Pranata Sosial :
-          Fungsi Utama : sebagai sarana Kebutuhan masyarakat
-          Fungsi lain :
a.        Menjaga keutuhan dalam hidup bermasyarakat
b.       Merupakan petunjuk bagi prilaku manusia dalam bermasyarakat
c.        Sebagai pedoman untuk melakukan kontrol sosial











·         Bentuk-bentuk pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat :

Lembaga / organisasi
Pranata sosial
Fungsi
Masjid, pura, vihara, gereja, dst
Pranata agama
Mengatur hub. Manusia dg agama, perilaku dan Tuhan-nya
sekolah
Pendidikan
Sebagai lembaga sosial yang melanjutkan pembinaan perilaku (dasarnya dari pendidikan keluarga)
Rumah sakit
Kesehatan
Sebagai lembaga sosial yang menangani perkembangan dan perbaikan tubuh dan perilaku manusia secara fisik
Kantor Urusan Agama (KUA)
Perkawinan
Sebagai lembaga sosial yang mengatur masalah perkawinan manusia
Bank
Simpan pinjam
Sebagai lembaga sosial yang mengatur perkembangan ekonomi/uang masyarakat
PT, CV, Firma
Perdagangan
Sebagai lembaga sosial yang mengatur perdagangan antar manusia
polisi
Keamanan
Sebagai lembaga sosial yang menngatur dan menata perilaku sosial di masyarakat
pengadilan
Hukum
Sebagai lembaga sosial yang menangani keadilan dalam kehidupan bermasyarakat

=================================

III. Metode
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Demontrasi
·         penugasan


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
                A. Pra KBM (5 menit)
·         Guru masuk kelas, memberi salam dan doa
·         Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti pelajaran
B. Kegiatan Awal (10 menit)
·         Apersepsi : guru bertanya kepada siswa, siapakah yg bertanggungjawab bila temanmu atau saudaramu nakal/ apa yang dilakukan orang tuamu jika kamu nakal/berbuat tidak baik?
·         Guru dan siswa mempercakapkan tentang adanya penyimpangan /prilaku tidak baik secara sosial di masyarakat
·         (Motivasi : setelah pembelajaran siswa dapat memiliki sikap hidup tertib dan disiplin , Sikap peduli dan prilaku tanggung jawab serta jujur)









C. Kegiatan Inti (40 menit)
1.        Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang pengertian pranata keluarga, pranata sosial , peran pranata sosial dan contoh-contoh pranata sosial
2.        Siswa berdiskusi dan menuliskan materi tersebut
3.        Guru dan siswa bertanya jawab ttg bentuk /macam-macam pranata sosial yg ada di masyarakat
4.        Siswa mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pranata sosial
D. Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru membuat kesimpulan bersama tentang materi
·         Guru memberikan penguatan tentang sikap disiplin dan mengikuti norma agar siswa dapat memiliki sikap dan perilaku  peduli sosial, rasa ingin tahu, cinta tanah air, disiplin dan tanggung jawab untuk hidup di masyarakat.

V. Alat dan Sumber Belajar

-       “Buku ajar IPS untuk SMALB kelas X”, Hal 15-23, Ditrasindo Persada, Surakarta.
-       LKS
-       Materi /Script dari guru
VI. Nilai-nilai Karakter dan Budaya Bangsa 
-       peduli pada lingkungan/situasi
-        tanggungjawab
-       Rasa ingin tahu
-       Disiplin
-       Cinta tanah air
VII. Penilaian
A. Prosedur Tes
·         Tes akhir                                         : ada dalam kegiatan akhir (tertulis)
B. Jenis tes
·         Lisan
·         Tertulis
C. Bentuk tes
·         Responding command / merespon pertanyaan dg menjawab singkat scr isyarat/oral
·         uraian terbatas
D. Alat tes
·         Soal-soal tes


INDIKATOR

TES


BENTUK

PERTANYAAN

JAWABAN

SKOR
-    Menuliskan pengertian pranata sosial







-    Menuliskan fungsi utama pranata sosial
-    Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan.
-   Lembar kegiatan siswa scr tertulis




uraian terbatas









-    Tuliskan pengertian pranata sosial !







-    Tuliskan fungsi utama pranata sosial !
-    Lengkapilah kolom dibawah ini :
Pranata sosial
Lembaga / organisasi
Pendidikan
….
Keamanan
….
Agama islam
….
Agama kristen
….
kesehatan
….
Sistem norma yang mengatur semua tindakan atau perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hidup bersama masyarakat.
Sebagai sarana kebutuhan masyarakat


Sekolah
Polisi
Mesjid
Gereja
rumahsakit
30









20



5=50
4=40
3=30
2=20
1=10






25




TOTAL SKOR
100





Nilai karakter dan budaya bangsa :
BT = belum terlihat
MT= mulai terlihat
MB= mulai berkembang
MK= membudaya/konsisten


LEMBAR PENILAIAN SISWA
No
Nama Siswa
Jumlah Skor
Nilai
Karakter
Dan budaya bangsa


1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





Mengetahui,                                                                            Semarang, 2 Januari 2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


Drs. Ciptono                                                                                         Fanie Dipa Pawakaningsih, M.Pd.
Nip. 19631111 198903 1 007                                                            Nip. 19700803 200801 2 013