RPP SMALB SLB NEGERI SEMARANG:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) No. 3
Sekolah : SLB NEGERI
SEMARANG
Jenjang : SMALB
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas/Semester : X (SEPULUH) /2
Alokasi
Waktu : 2 x
35 menit
Standar
Kompetensi
6. memahami bentuk-bentuk hubungan antar kelompok
sosial
Kompetensi
Dasar
6.1. mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan
masyarakat
Indikator
-
Menuliskan pengertian pranata sosial
-
Menuliskan fungsi utama pranata sosial
-
Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi
sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan
kristen, kesehatan.
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan penjelasan
dari guru :
-
Siswa dapat Menuliskan pengertian pranata sosial sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa
ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap
tanggungjawab siswa pada penyimpangan
dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia
-
Siswa dapat Menuliskan fungsi utama pranata sosial sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa
ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap
tanggungjawab siswa pada penyimpangan
dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia
-
Siswa dapat Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk
organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam
dan kristen, kesehatan. sebagai bukti sikap cinta tanah
air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab
siswa pada penyimpangan dan hubungan
sosial dalm masyarakat Indonesia
II.
Materi Ajar
“Pranata sosial dalam
kehidupan bermasyarakat”
·
Pengertian Pranata sosial :
Sistem norma yang mengatur semua tindakan atau
perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hidup bersama
masyarakat.
·
Pengertian Norma:
Sejumlah aturan sosial yang dijadikan
patokan/pedoman prilaku dan merupakan kesepakatan oleh semua anggota masyarakat
bertujuan mengatur kehidupan bermasyarakat.
·
Fungsi Pranata Sosial :
-
Fungsi Utama : sebagai sarana Kebutuhan masyarakat
-
Fungsi lain :
a.
Menjaga keutuhan dalam hidup bermasyarakat
b. Merupakan petunjuk bagi prilaku manusia dalam bermasyarakat
c.
Sebagai pedoman untuk melakukan kontrol sosial
·
Bentuk-bentuk pranata sosial dalam kehidupan
bermasyarakat :
Lembaga / organisasi
|
Pranata sosial
|
Fungsi
|
Masjid, pura, vihara, gereja, dst
|
Pranata agama
|
Mengatur hub. Manusia dg agama, perilaku dan
Tuhan-nya
|
sekolah
|
Pendidikan
|
Sebagai lembaga sosial yang melanjutkan pembinaan
perilaku (dasarnya dari pendidikan keluarga)
|
Rumah sakit
|
Kesehatan
|
Sebagai lembaga sosial yang menangani
perkembangan dan perbaikan tubuh dan perilaku manusia secara fisik
|
Kantor Urusan Agama (KUA)
|
Perkawinan
|
Sebagai lembaga sosial yang mengatur masalah
perkawinan manusia
|
Bank
|
Simpan pinjam
|
Sebagai lembaga sosial yang mengatur perkembangan
ekonomi/uang masyarakat
|
PT, CV, Firma
|
Perdagangan
|
Sebagai lembaga sosial yang mengatur perdagangan
antar manusia
|
polisi
|
Keamanan
|
Sebagai lembaga sosial yang menngatur dan menata
perilaku sosial di masyarakat
|
pengadilan
|
Hukum
|
Sebagai lembaga sosial yang menangani keadilan
dalam kehidupan bermasyarakat
|
=================================
III.
Metode
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Demontrasi
·
penugasan
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pra KBM (5 menit)
·
Guru masuk kelas, memberi salam dan
doa
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pelajaran
B. Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Apersepsi : guru bertanya kepada siswa,
siapakah yg bertanggungjawab bila temanmu atau saudaramu nakal/ apa yang
dilakukan orang tuamu jika kamu nakal/berbuat tidak baik?
·
Guru dan siswa mempercakapkan tentang
adanya penyimpangan /prilaku tidak baik secara sosial di masyarakat
·
(Motivasi : setelah pembelajaran siswa
dapat memiliki sikap hidup tertib dan disiplin , Sikap peduli dan prilaku
tanggung jawab serta jujur)
C. Kegiatan
Inti (40 menit)
1.
Siswa memperhatikan penjelasan dari
guru tentang pengertian pranata keluarga, pranata sosial , peran pranata sosial
dan contoh-contoh pranata sosial
2.
Siswa berdiskusi dan menuliskan materi
tersebut
3.
Guru dan siswa bertanya jawab ttg
bentuk /macam-macam pranata sosial yg ada di masyarakat
4.
Siswa mengerjakan tugas yang
berhubungan dengan pranata sosial
D. Kegiatan
Akhir (15 menit)
·
Siswa bersama guru membuat kesimpulan
bersama tentang materi
·
Guru memberikan penguatan tentang sikap disiplin dan mengikuti norma agar
siswa dapat memiliki sikap dan perilaku peduli
sosial, rasa ingin tahu, cinta tanah air, disiplin dan tanggung jawab untuk
hidup di masyarakat.
V.
Alat dan Sumber Belajar
- “Buku
ajar IPS untuk SMALB kelas X”, Hal 15-23, Ditrasindo Persada, Surakarta.
- LKS
- Materi
/Script dari guru
VI.
Nilai-nilai Karakter dan Budaya Bangsa
- peduli pada lingkungan/situasi
- tanggungjawab
- Rasa ingin tahu
- Disiplin
- Cinta tanah air
VII.
Penilaian
A.
Prosedur Tes
·
Tes akhir : ada dalam kegiatan akhir
(tertulis)
B.
Jenis tes
·
Lisan
·
Tertulis
C.
Bentuk tes
·
Responding command /
merespon pertanyaan dg menjawab singkat scr isyarat/oral
·
uraian terbatas
D.
Alat tes
·
Soal-soal tes
INDIKATOR
|
TES
|
BENTUK
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||||||
-
Menuliskan
pengertian pranata sosial
-
Menuliskan
fungsi utama pranata sosial
-
Menuliskan
jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata
sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan.
|
- Lembar kegiatan siswa scr tertulis
|
uraian terbatas
|
-
Tuliskan
pengertian pranata sosial !
-
Tuliskan
fungsi utama pranata sosial !
-
Lengkapilah
kolom dibawah ini :
|
Sistem norma yang mengatur semua tindakan atau perbuatan
manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hidup bersama masyarakat.
Sebagai
sarana kebutuhan masyarakat
Sekolah
Polisi
Mesjid
Gereja
rumahsakit
|
30
20
5=50
4=40
3=30
2=20
1=10
25
|
||||||||||||
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
100
|
Nilai karakter dan
budaya bangsa :
BT = belum terlihat
MT= mulai terlihat
MB= mulai berkembang
MK= membudaya/konsisten
|
LEMBAR
PENILAIAN SISWA
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
Karakter
Dan
budaya bangsa
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Mengetahui, Semarang,
2 Januari 2013
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Ciptono Fanie
Dipa Pawakaningsih, M.Pd.
Nip.
19631111 198903 1 007 Nip. 19700803
200801 2 013
No comments:
Post a Comment