RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP) No. 3
Sekolah : SLB NEGERI
SEMARANG
Jenjang : SMALB
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester : X (SEPULUH) /2
Alokasi
Waktu : 2 x
35 menit
Standar
Kompetensi
BERBICARA
/ BERISYARAT
6.Mengungkapkan komentar
terhadap informasi dari berbagai sumber dan pendapat terhadap puisi
Kompetensi
Dasar
6.1. Memberikan kritik terhadap informasi dari
media cetak dan atau elektronik
Indikator
- Menyebutkan scr lisan /oral/isyarat sumber berita/
media informasi yang mencantumkan informasi tersebut
- Menyebutkan scr lisan /oral/isyarat sederhana
tanggal berapa informasi tersebut dicetak/diterbitkan
-
Menuliskan
isi informasi di media tersebut
-
Menuliskan
1 (satu) paragrap kritik terhadap informasi tersebut
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan penjelasan
dari guru :
- Siswa dapat Menyebutkan scr lisan /oral/isyarat
sederhana sumber berita/ media informasi yang mencantumkan informasi tersebut
sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras ,komunikasi
dan sikap kritis siswa dlm berbahasa
- Siswa dapat Menyebutkan scr lisan /oral/isyarat
sederhana tanggal berapa informasi tersebut dicetak/diterbitkan sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras ,komunikasi dan sikap kritis siswa
dlm berbahasa
- Siswa dapat Menuliskan isi informasi di media
tersebut sebagai bukti rasa ingin tahu, kerja keras
,komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa
- Siswa dapat Menuliskan 1 (satu) paragrap kritik
terhadap informasi tersebut sebagai bukti rasa ingin
tahu, kerja keras ,komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa
II.
Materi Ajar
Teks
hal 45 buku ajar Bhs. Indonesia SMALB Kls X :
Banyak
Penyandang Cacat Tidak Tertampung di
Sekolah
Luar Biasa
Saat ini ada ratusan penyandang
cacat yang tidak bisa tertampung di SLB. Hal ini akibat masih terbatasnya
kapasitas ruang sekolah dan jarak tempuh tempat tinggal anak dengan sekolah
sangat jauh.
Dibandingkan dengan penyandang
cacat yang lain, Tunagrahita ini paling lemah. Karena itu, diperlukan
perlindungan yang tinggi dan perhatian khusus, tidak hanya dari sekolah tetapi
juga dari keluarga dan masyarakat.
“Masyarakat mestinyatidak perlu
lag memberikan cap atau stigmalisasi yang buruk, demikian pula, keluarga tidak
perlu menyesal jika memiliki anak penyandang cacat. Justru, kita harus
memberikan dukungan dan perhatian agar kehidupan mereka lebih baik”.
(Suara
Merdeka, 27 Oktober 2007 dengan Pengubahan)
====================================
III.
Metode
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Demontrasi
·
penugasan
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pra KBM (5 menit)
·
Guru masuk kelas, memberi salam dan
doa
·
Guru mengkondisikan siswa untuk
mengikuti pelajaran
B. Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Apersepsi : guru bertanya siapa yang
sering membaca koran atau melihat berita di TV?apa yang kamu tahu ttg berita paling
ramai dibicarakan saat ini?
·
Guru dan siswa mempercakapkan ttg isi
berita yang paling populer saat ini
·
Guru membagikan bahan
ajar tentang teks hal 45 ” Banyak
Penyandang Cacat Tidak Tertampung di Sekolah Luar Biasa”
·
(Motivasi : setelah pembelajaran siswa
dapat memiliki sikap rasa ingin
tahu, kerja keras komunikasi dan sikap kritis siswa dlm berbahasa).
C. Kegiatan
Inti (40 menit)
1.
Siswa memperhatikan penjelasan dari
guru tentang isi berita dari koran tersebut
2.
Guru dan siswa bertanya jawab ttg isi berita
tsb
3.
Guru menjelaskan ttg cara memberikan
kritik terhadap berita tsb.
4.
Siswa mengerjakan tugas yang
berhubungan dengan materi
D. Kegiatan
Akhir (15 menit)
·
Siswa bersama guru membuat kesimpulan
bersama tentang materi
·
Guru memberikan penguatan tentang sikap rasa ingin tahu, kerja keras komunikasi
dan sikap kritis siswa
dlm berbahasa
V.
Alat dan Sumber Belajar
- Buku
Ajar Bhs. Indonesia SMALB Kls X, hal 45, Ditrasindo persada, Surakarta
- LKS
- Materi
/Script dari guru
VI.
Nilai-nilai Karakter dan Budaya Bangsa
- Rasa ingin tahu
- Komunikasi
- Kerja keras
- Sikap kritis
VII.
Penilaian
A.
Prosedur Tes
·
Tes awal : ada dalam apersepsi
(lisan)
·
Tes akhir : ada dalam kegiatan akhir
(tertulis)
B.
Jenis tes
·
Tertulis
C.
Bentuk tes
·
uraian terbatas/ LKS
D.
Alat tes
·
Soal-soal tes
INDIKATOR
|
TES
|
BENTUK
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
SKOR
|
- Menyebutkan scr lisan /oral/isyarat sumber
berita/ media informasi yang mencantumkan informasi tersebut
- Menyebutkan tanggal berapa informasi tersebut
dicetak/diterbitkan
- Menuliskan isi informasi di media tersebut
-
Menuliskan
1 (satu) paragrap kritik terhadap informasi tersebut
|
Pertemuan 1 :
- Lisan
- Lembar kegiatan siswa scr tertulis
|
Pertemuan 1 :
Unjuk perbuatan
uraian terbatas
(script guru)
|
- sebutkan scr lisan /oral/isyarat sumber berita/
media informasi yang mencantumkan informasi tersebut
- Menyebutkan tanggal berapa informasi tersebut
dicetak/diterbitkan
- Menuliskan isi informasi di media tersebut
- Menuliskan 1 (satu) paragrap kritik terhadap
informasi tersebut
|
Koran Suara
merdeka
27 Oktober
2007
(siswa
menuliskan ttg isi berita dengan bahasa sendiri)
(siswa
menuliskan dengan bebas pendapat/kritik dengan bahasa mereka sendiri)
|
10
10
40
40
|
|
|
|
|
TOTAL SKOR
|
100
|
Nilai karakter dan
budaya bangsa :
BT = belum terlihat
MT= mulai terlihat
MB= mulai berkembang
MK= membudaya/konsisten
|
LEMBAR
PENILAIAN SISWA
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
Karakter
Dan
budaya bangsa
|
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
Mengetahui, Semarang, 28 Januari
2013
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Ciptono Fanie
Dipa Pawakaningsih, M.Pd.
Nip.
19631111 198903 1 007 Nip. 19700803
200801 2 013
No comments:
Post a Comment