Monday, May 27, 2013

MARI MEMBUAT CLAY:


PEMBUATAN ACCESSORIES DARI BAHAN CLAY

PENGANTAR

            CLAY merupakan istilah popular yang sedang trend saat ini di kalangan pecinta handmade. Tehnik pembuatan adonan clay tercipta dari perkembangan tehnik kerajinan pembuatan aneka barang kerajinan dari keramik  dan tanah liat. Pada jaman dahulu tanah liat tidak saja digunakan sebagai bahan dasar pembuatan gerabah untuk keperluan rumah tangga, namun juga sudah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan accessories dan pelengkap upacara ritual dalam masyarakat.
            Sejalan dengan kebutuhannya, gerabah dan peralatan yang dipakai oleh masyarakat mengalami perkembangan dari  penggunaan bahan dasar tanah liat biasa ke bahan dasar tanah liat pembuatan keramik poselen. Barang-barang yang terbuat dari keramik / porselen memiliki ciri khas lebih halus dan mengkilap pada permukaannya. Hal inilah yang mendorong pembuatan accessories pendukung lainnya yang terbuat dari bahan dasar yang sama.
            Namun pembuatan accessories dari porselen membutuhkan tehnik pembakaran serta waktu yang lama, tak sedikit membuat orang mencari terobosan lain untuk mengganti bahan dasar porselen pada pembuatan accessories. Salah satunya adalah kreatifitas pembuatan accessories clay yang terbuat dari tepung makanan yang mudah didapat dan murah harganya.  
            Accessories dari adonan clay dapat diajarkan ke semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa. Dengan sedikit ketelatenan, barang-barang yang dihasilkan dari adonan clay tersebut ternyata memiliki mutu dan dapat diterima oleh pangsa pasar masyarakat.
            Kurikulum pembelajaran vokasional bagi siswa SMALB tunarungu sebesar 60%-70% dari keseluruhan kurikulum akademik di Sekolah Luar Biasa (SLB) menuntut siswa memiliki kemampuan (kompetensi) keterampilan termasuk keterampilan kerajinan tangan. Pada standar kompetensi (SK) yang terdapat dalam pedoman standar isi (SI) kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)  mata pelajaran ketrampilan untuk SMALB kelas X semester 2 dituliskan tuntutan kompetensi yang mengharapkan siswa SMALB dapat mengapresiasikan dan membuat benda kerajinan dengan tehnik pembentukan manual salah satunya dengan membuat aneka accessories dari bahan clay.
            Tujuan lain dari pembelajaran pembuatan accessories dari clay adalah kemampuan kreatifitas dalam pembuatan aneka benda dan accessories, kemampuan komunikasi pengenalan dan makna benda yang dibuat, dan kemampuan siswa dalam berwirausaha khususnya di bidang usaha accessories dari clay.

BAHAN
-       Tepung jagung/ maizena        150 gram
-       Tepung beras                          150 gram
-       Tepung singkong/kanji            150 gram
-       Lem putih/kayu/fox/PVAC      350 gram
-       Benzoate                                     3 sendok makan
-       Minyak goring/baby oil            secukupnya
-       Cat poster/cat air



PERALATAN
-       Wadah untuk mencampur bahan
-       Tempat kedap udara untuk menyimpan
-       Kertas HVS yang sudah delaminating untuk alas
-       Tusuk gigi
-       Sedotan
-       Mote hitam untuk mata
-       Gantungan, peniti bros, tali, jepit rambut, dll untuk pelengkap accessories
-       Pinset,
-       Sikat gigi
-       Pisau/cutter
-       Plastik untuk kemasan

CARA MEMBUAT ADONAN
1.    Siapkan wadah, masukkan semua tepung dan lem putih.
2.    Beri benzoate
3.    Beri minyak / baby oil sedikit di pinggir wadah
4.    Campur dan uleni hingga menjadi adonan yang kalis/tidak lengket
5.    Dan simpan dalam wadah tertutup/kedap udara

CARA MEMBERI WARNA
1.    Ambil adonan secukupnya di tangan
2.    Beri warna dengan cat poster/cat air (tanpa diberi air)
3.    Uleni adonan hingga warna yang diinginkan
4.    Simpan dalam wadah tertutup
5.    Lakukan untuk warna yang lain

CARA MEMBUAT BENTUK BUNGA MAWAR
1.    Ambil sedikit adonan, gulung menjadi  bentuk tabung panjang
2.    Tekan bentuk tabung menjadi pipih
3.    Gulung dengan bantuan tangan
4.    Buat beberapa kuntum
5.    Diamkan hingga kering

CARA MEMBUAT DAUN
1.    Ambil sedikit daun, gulung menjadi  bentuk tetes air
2.    Tekan bentuk tetes air menjadi pipih
3.    Gurat urat daun dengan bantuan jarum pentul/pisau/cutter
4.    Buat beberapa daun
5.    Diamkan hingga kering





CARA MEMBUAT BROS SIMPLE
1.    Ambil adonan dan cetak dengan cetakan kue
2.    Susun bunga mawar  clay yang sudah ada dengan bantuan lem putih
3.    Susun pula daun clay
4.    Diamkan hingga kering
5.    Jika sudah kering, sisi belakang bisa di pasangkan peniti bros dengan bantuan lem putih dan diamkan hingga kering


Untuk pembuatan jepit rambut dan gantungan clay pada prinsipnya sama dengan cara pembuatan bros clay. Tingkat kreatifitas dan ketelatenan dibutuhkan dalam setiap langkah pengerjaan. Siswa SMALB tunarungu yang memiliki ciri yaitu penekanan visual dapat dilatih dan diajarkan bagaimana cara pembuatan accessories dari clay ini. Selain itu siswa SMALB tunarungu dapat diajarkan pula bagaimana mengelola usaha ini. Cara yang paling mudah mengajarkan kewirausahaan accessories dari bahan clay ini dengan mengenalkan mereka pada tehnik pembuatan/produksi, pemasaran, dan administrasi pembukuan yang mudah.
            Untuk materi selanjutnya adalah bagaimana tehnik memasarkan accessories ini yang mudah bagi siswa SMALB tunarungu.
            Berikut adalah foto kegiatan siswa SMALB tunarungu SLB Negeri Semarang saat pembelajaran pembuatan accessories dari bahan clay:


 








Foto kegiatan saat siswa SMALB tunarungu SLB Negeri Semarang menjadi instruktur bagi guru-guru umum dalam proses pembuatan accessories dari bahan clay:





Selanjutnya adalah foto hasil accessories yang dihasilkan oleh siswa SMALB tunarungu SLB Negeri Semarang:




RPP SMALB SLB NEGERI SEMARANG:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) No. 3

Sekolah                                : SLB NEGERI SEMARANG
Jenjang                                : SMALB
Mata Pelajaran  : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas/Semester : X (SEPULUH) /2
Alokasi Waktu   :  2 x 35 menit

Standar Kompetensi
6. memahami bentuk-bentuk hubungan antar kelompok sosial

Kompetensi Dasar
6.1. mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

Indikator
-    Menuliskan pengertian pranata sosial
-    Menuliskan fungsi utama pranata sosial
-    Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan.

I. Tujuan Pembelajaran
                Setelah memperhatikan penjelasan dari guru :
-    Siswa dapat Menuliskan pengertian pranata sosial sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab siswa pada penyimpangan  dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia
-    Siswa dapat Menuliskan fungsi utama pranata sosial sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab siswa pada penyimpangan  dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia
-    Siswa dapat Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan. sebagai bukti sikap cinta tanah air, disiplin, rasa ingin tahu, kepedulian pada lingkungan dan sikap tanggungjawab siswa pada penyimpangan  dan hubungan sosial dalm masyarakat Indonesia

II. Materi Ajar
“Pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat”
·         Pengertian Pranata sosial :
Sistem norma yang mengatur semua tindakan atau perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hidup bersama masyarakat.

·         Pengertian Norma:
Sejumlah aturan sosial yang dijadikan patokan/pedoman prilaku dan merupakan kesepakatan oleh semua anggota masyarakat bertujuan mengatur kehidupan bermasyarakat.

·         Fungsi Pranata Sosial :
-          Fungsi Utama : sebagai sarana Kebutuhan masyarakat
-          Fungsi lain :
a.        Menjaga keutuhan dalam hidup bermasyarakat
b.       Merupakan petunjuk bagi prilaku manusia dalam bermasyarakat
c.        Sebagai pedoman untuk melakukan kontrol sosial











·         Bentuk-bentuk pranata sosial dalam kehidupan bermasyarakat :

Lembaga / organisasi
Pranata sosial
Fungsi
Masjid, pura, vihara, gereja, dst
Pranata agama
Mengatur hub. Manusia dg agama, perilaku dan Tuhan-nya
sekolah
Pendidikan
Sebagai lembaga sosial yang melanjutkan pembinaan perilaku (dasarnya dari pendidikan keluarga)
Rumah sakit
Kesehatan
Sebagai lembaga sosial yang menangani perkembangan dan perbaikan tubuh dan perilaku manusia secara fisik
Kantor Urusan Agama (KUA)
Perkawinan
Sebagai lembaga sosial yang mengatur masalah perkawinan manusia
Bank
Simpan pinjam
Sebagai lembaga sosial yang mengatur perkembangan ekonomi/uang masyarakat
PT, CV, Firma
Perdagangan
Sebagai lembaga sosial yang mengatur perdagangan antar manusia
polisi
Keamanan
Sebagai lembaga sosial yang menngatur dan menata perilaku sosial di masyarakat
pengadilan
Hukum
Sebagai lembaga sosial yang menangani keadilan dalam kehidupan bermasyarakat

=================================

III. Metode
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Demontrasi
·         penugasan


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
                A. Pra KBM (5 menit)
·         Guru masuk kelas, memberi salam dan doa
·         Guru mengkondisikan siswa untuk mengikuti pelajaran
B. Kegiatan Awal (10 menit)
·         Apersepsi : guru bertanya kepada siswa, siapakah yg bertanggungjawab bila temanmu atau saudaramu nakal/ apa yang dilakukan orang tuamu jika kamu nakal/berbuat tidak baik?
·         Guru dan siswa mempercakapkan tentang adanya penyimpangan /prilaku tidak baik secara sosial di masyarakat
·         (Motivasi : setelah pembelajaran siswa dapat memiliki sikap hidup tertib dan disiplin , Sikap peduli dan prilaku tanggung jawab serta jujur)









C. Kegiatan Inti (40 menit)
1.        Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang pengertian pranata keluarga, pranata sosial , peran pranata sosial dan contoh-contoh pranata sosial
2.        Siswa berdiskusi dan menuliskan materi tersebut
3.        Guru dan siswa bertanya jawab ttg bentuk /macam-macam pranata sosial yg ada di masyarakat
4.        Siswa mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pranata sosial
D. Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru membuat kesimpulan bersama tentang materi
·         Guru memberikan penguatan tentang sikap disiplin dan mengikuti norma agar siswa dapat memiliki sikap dan perilaku  peduli sosial, rasa ingin tahu, cinta tanah air, disiplin dan tanggung jawab untuk hidup di masyarakat.

V. Alat dan Sumber Belajar

-       “Buku ajar IPS untuk SMALB kelas X”, Hal 15-23, Ditrasindo Persada, Surakarta.
-       LKS
-       Materi /Script dari guru
VI. Nilai-nilai Karakter dan Budaya Bangsa 
-       peduli pada lingkungan/situasi
-        tanggungjawab
-       Rasa ingin tahu
-       Disiplin
-       Cinta tanah air
VII. Penilaian
A. Prosedur Tes
·         Tes akhir                                         : ada dalam kegiatan akhir (tertulis)
B. Jenis tes
·         Lisan
·         Tertulis
C. Bentuk tes
·         Responding command / merespon pertanyaan dg menjawab singkat scr isyarat/oral
·         uraian terbatas
D. Alat tes
·         Soal-soal tes


INDIKATOR

TES


BENTUK

PERTANYAAN

JAWABAN

SKOR
-    Menuliskan pengertian pranata sosial







-    Menuliskan fungsi utama pranata sosial
-    Menuliskan jawaban dari kolom yang berisi bentuk-bentuk organisasi sosial untuk pranata sosial pendidikan, keamanan, hukum, agama islam dan kristen, kesehatan.
-   Lembar kegiatan siswa scr tertulis




uraian terbatas









-    Tuliskan pengertian pranata sosial !







-    Tuliskan fungsi utama pranata sosial !
-    Lengkapilah kolom dibawah ini :
Pranata sosial
Lembaga / organisasi
Pendidikan
….
Keamanan
….
Agama islam
….
Agama kristen
….
kesehatan
….
Sistem norma yang mengatur semua tindakan atau perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dalam hidup bersama masyarakat.
Sebagai sarana kebutuhan masyarakat


Sekolah
Polisi
Mesjid
Gereja
rumahsakit
30









20



5=50
4=40
3=30
2=20
1=10






25




TOTAL SKOR
100





Nilai karakter dan budaya bangsa :
BT = belum terlihat
MT= mulai terlihat
MB= mulai berkembang
MK= membudaya/konsisten


LEMBAR PENILAIAN SISWA
No
Nama Siswa
Jumlah Skor
Nilai
Karakter
Dan budaya bangsa


1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





Mengetahui,                                                                            Semarang, 2 Januari 2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran


Drs. Ciptono                                                                                         Fanie Dipa Pawakaningsih, M.Pd.
Nip. 19631111 198903 1 007                                                            Nip. 19700803 200801 2 013