Tuesday, April 16, 2013

CARA MEMBUAT ACCESORIES DARI BAHAN CLAY
(PEMBELAJARAN VOKASIONAL BAGI SISWA SMALB TUNARUNGU)
oleh Fanie Dipa Pawakaningsih, M.Pd.


      Siswa SMALB Tunarungu secara kurikulum disiapkan dengan materi ketrampilan yang bersifat vokasional sebanyak 60 % atau 70 % dari semua pemberian materi pembelajaran, hal ini dimaksudkan agar siswa SMALB kelak siap mandiri jika mereka kembali terjun ke masyarakat setelah lulus.
       Salah satu pembelajaran vokasional yang sesuai dengan tujuan di atas adalah pembelajaran cara membuat accesories dari bahan clay. Accesories adalah aneka barang penunjang penampilan khusus bagi kaum perempuan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Accesories saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan penunjang namun sudah dianggap sebagai kebutuhan wajib bagi penampilan kaum hawa. Sehingga tidak salah kalau  accesories menjadi salah satu barang yang diperhatikan sejalan dengan trend berbusana yang mengikutinya.
       Accesories biasanya terbuat dari beraneka macam bahan dasar. Ada yang terbuat dari aneka bahan pakaian, metal/besi, emas, kaca, keramik, kayu, clay, dll tergantung penggunaannya. Khusus untuk pembelajaran vokasional bagi siswa SMALB Tunarungu kelas X dan XI akan diajarkan materi pembelajaran pembuatan accesories dari bahan dasar clay.
      Clay sendiri merupakan adonan bahan dasar yang terbuat dari tepung jagung/maizena, tepung singkong/kanji, dan tepung beras. Ketiga bahan tersebut di campur dengan Lem putih (PVAC) dengan perbandingan 1 :1 :1 : 3 hingga menjadi adonan yang kalis (mudah dibentuk dan tidak lengket di tangan). Perbandingan ketiga tepung tadi bisa disesuaikan melihat kebutuhan, misal jika kondisi lem yang encer maka dapat ditambahkan tepung supaya bisa mendapatkan adonan yang kalis.
       Adonan kalis yang di dapat selanjutnya di beri warna dengan menggunakan pewarna cat air biasa (diusahakan pewarna dengan harga yang paling murah). Namun tidak disarankan dalam pewarnaan menggunakan pewarna makanan ataupun warna yang dicampur air.  Bila digunakan kedua bahan terakhir ditakutkan akan menimbulkan jamur pada hasil akhir. Bila adonan clay telah dipersiapkan maka siswa SMALB Tunarungu pun siap untuk dilibatkan dalam pembuatan accesories dari bahan dasar clay
       berikut adalah tahap-tahap pembuatan adonan clay :
1. persiapkan bahan dasar dan peralatannya.
    



No comments:

Post a Comment